Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

.

.

Nama-nama Bendera Nasional negara-negara di dunia

     Bendera suatu negara merupakan suatu hal yang melambangkan kemerdekaan dan kejayaan suatu bangsa, tak heran jika beberapa negara memberikan nama spesial untuk benderanya sebagai tanda kehormatan bagi bendera tersebut, berikut diantaranya bendera-bendera di dunia yang memiliki nama...

1. Sang Saka Merah Putih - Indonesia!!


     Sang Saka Merah Putih merupakan julukan kehormatan terhadap bendera Merah Putih negara Indonesia. Pada mulanya sebutan ini ditujukan untuk Bendera Pusaka, bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta, saat Proklamasi dilaksanakan. Tetapi selanjutnya dalam penggunaan umum, Sang Saka Merah Putih ditujukan kepada setiap bendera Merah Putih yang dikibarkan dalam setiap upacara bendera.

     Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bendera berbahan katun Jepang (ada juga yang menyebutkan bahan bendera tersebut adalah kain wool dari London) yang diperoleh dari seorang Jepang. Bahan ini memang pada saat itu digunakan khusus untuk membuat bendera-bendera negara di dunia karena terkenal dengan keawetannya) 

2. Union Jack - Inggris


     Bendera ini pernah digunakanoleh negara-negara yang berada di dalam Kekaisaran Britania. Kini, selain menjadi bendera kebangsaan Britania Raya, ia juga memiliki status resmi atau separuh resmi di negara-negara dalam Persemakmuran. Ladang biru dengan salib merah Saint George (santo pelindung Inggris) yang diberi pinggit di putih yang dilapiskan ke atas salib merah diagonal Saint Patrick (santo pelindung Irlandia), yang dilapiskan ke atas salib putih Saint Andrew (santo pelindung Skotlandia), biasa dikenal sebagai Union Flag, namun umumnya disebut Union Jack.

3. Trocolore - Perancis


     Bendera Perancis diperkenalkan pada 17 Mei 1853 oleh Napoleon Bonaparte. Bendera ini memiliki tiga warna yaitu biru, putih, dan merah. Warna ini diperkenalkan oleh Valéry Gerard d'Esting. Bendera ini dibuat tahun 1789 oleh Revolusi Perancis.

4. The Tricolour - Belanda


     Bendera Belanda ini dipakai oleh pemerintahan sejak 1572. Desainnya merupakan triwarna horisontal merah, putih, dan biru. Bendera ini merupakan desain bendera triwarna tertua. Bendera Perancis diubah menjadi triwarna vertikal untuk menghindari kebingungan dengan bendera Belanda.

5. The Stars and Stripes - Amerika Serikat


     Bendera Amerika Serikat terdiri dari 13 garis horizontal berwarna merah (paling atas dan paling bawah) bertukar dengan putih yang melambangkan 13 koloni pertama ketika Amerika Serikat merdeka, terdiri dari persegi panjang berwarna biru dan terdiri dari 50 bintang melambangkan negara bagian diAmerika Serikat. Julukan bendera ini ialah The Stars and Stripes. Bendera ini diperkenalkan pada 4 Juli 1960 setelah Hawaii masuk menjadi negara bagian ke-50. Sejak merdeka Amerika Serikat telah mengganti desain benderanya sebanyak 26 kali.

6. Dannebrog -Denmark


     Bendera Denmark adalah bendera negara tertua yang masih digunakan (abad ke-13). bendera ini, yang disebut Dannebrog itu dan menjadi inspirasi untuk negara-negara Nordik lain yaitu Norwegia, Swedia, Finlandia, Islandia, dan bendera Skandinavia regional untuk Kepulauan Faroe, Åland, Scania dan Bornholm, serta bendera untuk Shetland non-Skandinavia dan Orkney.

7. Aurivende - Brasil


     Bendera Brasil ini dipakai oleh pemerintahan sejak tanggal 19 November 1889. Desainnya oleh Raimundo Teixeira Mendes dengan warna latar hijau dengan jajar genjang kuning di tengah-tengahnya. Di tengah-tengah jajar genjang terdapat lingkaran biru dengan bintang putih (memiliki 5 macam ukuran dan melambangkan ke-27 negara bagian Brasil) dan dilingkari pita yang bertuliskan Ordem e Progresso (Keteraturan dan Kemajuan) 

8. Hinomaru - Jepang
     Legenda mengatakan bahwa bendera ini berasal dari zaman invasi Mongolia ke Jepang pada abad ke-13. Dikatakan bahwa seorang bhiksuBuddha, Nichiren, mempersembahkan bendera matahari ini seorang Shogun yang mempunyai upaya untuk mematahkan serangan Mongol. Semasa era Restorasi Meiji pada tahun 1868, bendera ini dianggap sebagai bendera kebangsaan. Walaupun telah digunakan di lautan sejak 1870, penggunaannya di darat baru menjadi resmi pada 13 Agustus 1999. Variasi terkenal bendera ini menunjukkan matahari dengan 16 sinar merah, digunakan oleh angkatan bersenjata Jepang sehingga akhir Perang Dunia II.

9. l'Unifolié - Kanada 


     Adalah bendera merah dengan sebuah warna putih di tengahnya, menampilkan sebuah ciri khusus daun maple merah. Pada penggunaannya pada tahun1965 yang dianggap sebagai waktu pertama kalinya sebuah bendera nasional secara resmi untuk menggantikan Bendera Britania Raya. Bendera ini sebelumnya yang dikenal dengan nama "Canadian Red Ensign" sudah pergunakan sejak tahun 1890-an dan sudah diresmikan oleh sebuah Order-in-Council pada tahun 1945 untuk dipergunakan pada setiap tempat ataupun acara yang memerlukan untuk mengibarkan sebuah bendera Kanada.

10. Subz hilali parcham - Pakistan


     Bendera Pakistan dirancang oleh Ameer-ud-Din Khidwai dan diresmikan saat Pakistan merdeka pada 14 Agustus 1947. Bagian hijaumelambangkan rakyat yang beragama Islam dan putih melambangkan kaum minoritas bukan Islam. Bulan sabit melambangkan kemajuan danbintang melambangkan cahaya dan ilmu.

     Sebutan rakyat setempat untuk bendera ini adalah subz hilali parcham (Urdu) untuk "bendera hijau dan bulan sabit".

Artikel Terkait: Nama-nama Bendera Nasional negara-negara di dunia

Description: Nama-nama Bendera Nasional negara-negara di dunia Rating: 5.0 Reviewer: Ilham Aufadhuha ItemReviewed: Nama-nama Bendera Nasional negara-negara di dunia
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...