Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

.

.

10 Bangunan menakjubkan Peninggalan Mesir Kuno

     Mesir Kuno terkenal akan peradabanya yang maju dan teknologinya di bidang arsitektur yang maju, bahkan teknologinya dalam membangun tak dapat disaingi dengan teknologi canggih masa kini. Dan inilah 10 bangunan kuno yang menakjubkan dari peradaban mesir kuno..

1. Piramida Agung Giza



     Adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan kuno yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu (Χεωψ, Cheops) dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM. Piramida ini kadang-kadang disebut sebagai Piramida Khufu.

2. Piramida Khafre


     Adalah piramida Mesir Kuno terbesar kedua di kompleks piramida Giza. Piramida ini merupakan makam firaun Khafra dari dinasti ke-4. Piramida Khafre memiliki panjang 215.5 m dan tinggi 148.5 m. Piramida ini terbuat dari blok-blok batu kapur raksasa yang suangat besar.

3. Piramida Menkaure


     Berlokasi di Dataran Giza pada barat daya pinggiran kota Kairo, Mesir, adalah yang terkecil dari ketiga Piramida Giza. Piramida ini dibangun untuk menjadi makam Firaun dinasti keempat Mesir, Menkaure. Letaknya berjarak beberapa meter barat daya dari tetangga terdekatnya, Piramida Khafre dan Piramida Agung Khufu di nekropolis Giza.

4. Saqqara


     Sebuah situs pemakaman Mesir Kuno yang terletak di Mesir. Di situs ini terdapat sebuah piramid bertangga tertua di dunia. Kompleks saqqara terdiri dari Piramid bertangga Djoser (tengah), Piramid Unas (kiri) , dan Piramid Userkaf (kanan).

5. Kuil Abu Simbel


     Kuil Abu Simbel terletak di ujung Danau Nasser, sejauh 290 kilometer baratdaya kota Aswan. Saat ini Abu Simbel adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang masuk bagian ke dalam Markah tanah Nubia, yang melingkupi dari Abu Simbel sampai ke Philae.

     Kuil ini sebenarnya dipahat dari tebing batu pasir saat Firaun Ramses II masih berkuasa pada sekitar tahun 1250SM, sebagai markah tanah terakhir untuknya dan istrinya Nefertari, untuk memperingati kemenangannya pada Pertempuran Kadesh.

6. Kuil Luxor


     Kuil Luxor adalah kompleks candi kuno yang besar Mesir yang terletak di tepi timur Sungai Nil dan didirikan pada tahun 1400 SM. Di Luxor terdapat enam kuil besar, empat di tepi kiri  sungai yaitu Goornah, Deir el-Bahri, Ramesseum, dan Medinet Habu, dan dua kuil di tepi kanan sungai yaitu Karnak dan Luxor .

     Dibelakang kuil terdapat kapel yang dibangun oleh Tuthmosis III. Selama era Romawi, kuil dan sekitarnya digunakan benteng legiun dan rumah dari pemerintah Romawi di daerah Mesir.

7. Kuil Edfu


    Kuil Horus di Edfu adalah kuil yang benar-benar dipertahankan keutuhanya. Dibangun dari batu blok, kuil ini dibangun di atas lokasi sebuah kuil Kerajaan Baru yang lebih kecil, Kuil ini menghadap ke barat, ke arah sungai. Struktur kuil ini meninggalkan sisa-sisa reruntuhan tiang kuil tua yang indah bila dilihat dari sisi timur.

8. Piramida Djedefre


     Piramida Djedefre, adalah piramida yang paling rusak. Djedefre adalah anak dan sekaligus penerus dari Khufu. Sebelumnya, piramida ini dianggap sebagai piramida yang belum terselesaikan, tapi menurut konsensus arkeologi, piramida ini telah terselesaikan dan ukuran sebenarnya hampir sama dengan Piramida Menkaure – piramida Giza terbesar ketiga.

9. Kuil Karnak


     Kawasan Karnak meliputi reruntuhan kuil, tiang dan bangunan-bangunan lainnya, terutama Kuil Agung Amen dan bangunan besar yang dibangun oleh Firaun Ramesses II (~ 1391–1351 SM), yang terletak di dekat Luxor, sekitar 500 km sebelah selatan Kairo, Mesir.

     Pada tahun 323 AD, Konstantin yang Agung mengakui agama Kristen dan pada tahun 356 memerintahkan penutupan semua kuil. Pada saat itu Karnak hampir sepenuhnya ditinggalkan, dan gereja-gereja Kristen didirikan di dekat reruntuhanya.

10. Benteng Buhen


    Benteng Buhen dibangun pada masa pemerintahan Senusret III, sekitar tahun 1860 SM (dinasti ke-12). Benteng ini dibangun untuk mengelilingi sebuah. Situs ini pertama kali didirikan sebagai sebuah pos di Nubia selama pemerintahan Sneferu (dinasti ke-4). Artefak dan Relief pada benteng Buhen menunjukkan bahwa orang Mesir tinggal sekitar 200 tahun, sampai akhir dinasti ke-5, ketika mereka mungkin dipaksa keluar oleh imigrasi dari selatan.

Artikel Terkait: 10 Bangunan menakjubkan Peninggalan Mesir Kuno

Description: 10 Bangunan menakjubkan Peninggalan Mesir Kuno Rating: 5.0 Reviewer: Ilham Aufadhuha ItemReviewed: 10 Bangunan menakjubkan Peninggalan Mesir Kuno
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...