Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

.

.

Ucapan Bela Sungkawa atas kematian Ir. Soekarno dari berbagai Pemimpin Dunia



     Bung Karno tidak saja sebagai pemimpin bangsa Indonesia, bukan saja seorang pemimpin berkaliber nasional. Tetapi Bung Karno juga seorang pemimpin kaliber internasional. Bung karno adalah negarawan besar. Terbukti dengan beberapa ucapan tanda belasungkawa dari negara-negara sahabat, ketika saat meninggalnya.

1. Inche Yusof Ishak, Presiden Singapura 

" Dengan peuh kesedihan saya telah menerima berita tentang wafatnya Ir. Sukarno. Atas nama pemerintahan dan rakyat Singapura dan juga atas nama pribadi saya sendiri, izinkanlah saya menyampaikan pada Paduka Mulia, dan melalui Paduka Yang Mulia juga pada pemerintah dan rakyat Indonesia dan juga pada keluarga almarhum rasa simpati dan turut berduka cita kami.”
2. V.V.Giri, Presiden India 

“ Dunia Afro-Asia akan mengingatkan untuk selama-selamanya sebagai seorang pejuang yang berani menentang imperialisme dan kolonialisme dan seorang anggota pendiri dari konperensi Bandung yang melahirkan prinsip prinsip non-alignment.Tidaklah dapat disangsikan bahwa seluruh rakyat indonesia menghormatinya sebagai seorang pahlawan nasional”.
3. Tun Dr. Ismail, Menteri Dalam Negri Malaysia

“Kami semua menyesali wafatnya seorang pemimpin besar, apapun kesalahan."
4. Ny. Indira Gandhi, Perdana Mentri India 

“ Perjuanganya melawan kolonialisme dan imperialisme dan untuk kemerdekaan adalah bagian dari sejarah." 
5. Josep Bross Tito, Presiden Yugoslavia 

“ Kepribadian Sukarno sebagai seorang pejuang besar melawan kolonialisme dan imperialisme akan tetap dikenang pada masa-masa yang akan datang.”
6. Nikolai Podgorny, Presiden Rusia 

“ Soekarno merupakan seorang negarawan yang terkemuka, yang namanya mendapat penghargaan tinggi di kalangan bangsa Sovyet."
7. Tuanku Abdul Rahman, P.M. Malaysia 

 “ Namanya patut dicatat dalam sejarah Indonesia, untuk diketahui oleh generasi-generasi yang akan datang sebagai seseorang yang dengan gagah berani telah berjuang melawan kolonialisme dan manimbulkan gelombang semangat nasionalisme rakyat Malaysia. Tidak seorangpun dapat menyangkal bahwa almarhum telah memegang peranan penting dalam mencapai Indonesia merdeka."
8. Jenderal Agha Muhammad Yahya Khan, Presiden Pakistan 

 “ Saya sangat bersedih hati mendengar telah wafatnya Dr. Ahmad Soekarno. Sebagian dari peranan yang pernah dimainkanya baik dalam tingkat nasional maupun internasional, rakyat Pakistan tidak akan dapat melupakan terhadap pengertian dan sumbangan Dr. Soekarno dan persahabatan yang telah ada antara kedua negara kita. Semoga Allah menerimanya dalam keadaan damai. Amin.”

9. Houari Boumedienne, Presiden Aljazair 

 “ Dengan rasa sedih yang sedalam-dalamnya kami mendengar wafatnya Dr. Haji Ahmad Soekarno, yang berarti hilangnya seorang tokoh penting yang telah menandai sejarah NEGARANYA melalui perjuanganya bagi keadilan dan kebebasan dunia. Dalam suasana penuh duka cita ini, atas nama Dewan Revolusi Pemerintah dan Rakyat Aljazair serta atas nama saya pribadi, sudilah Paduka Yang Mulia menerima rasa duka cita kami yang sedalam-dalamnya dan menyampaikan kepada keluarga yang ditiggalkan almarhum, rasa simpati dan belasungkawa dari kami yang sedalam-dalamnya.”
     Dan berpisahlah kita dengan seorang manusia yang telah banyak memiliki bakat-bakat, yang dengan tekun bakat-bakatnya telah dikembangkan dan diabdikan pada negara kita. Bung Karno bukan saja merupakan Pemimpin Bangsa Indonesia, tapi juga pemimpin berkaliber Dunia. Pemimpin yang cinta damai yang gandrung pada perdamaian dan Kesatuan serta Persatuan.

-Sekian


Artikel Terkait: Ucapan Bela Sungkawa atas kematian Ir. Soekarno dari berbagai Pemimpin Dunia

Description: Ucapan Bela Sungkawa atas kematian Ir. Soekarno dari berbagai Pemimpin Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Ilham Aufadhuha ItemReviewed: Ucapan Bela Sungkawa atas kematian Ir. Soekarno dari berbagai Pemimpin Dunia
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...