Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

.

.

Siklus Hidup cacing Ascaris lumbricoides

      Cacing ini merupakan cacing yang hidup di dalam tubuh manusia yang dapat menyebabkan penyakit Askariasis. Askariasis adalah penyakit kedua terbesar yang disebabkan oleh makhluk parasit.

Cacing Betina Dewasa
      Cacing jantan berukuran sekitar 10-30 cm, sedangkan betina sekitar 22-35 cm. Pada cacing jantan ditemukan spikula atau bagian seperti untaian rambut di ujung ekornya (posterior). Pada cacing betina, pada sepertiga depan terdapat bagian yang disebut cincin atau gelang kopulasi.

      Cacing dewasa hidup pada usus manusia. Seekor cacing betina dapat bertelur hingga sekitar 200.000 telur per harinya. Telur yang telah dibuahi berukuran 60 x 45 mikron. Sedangkan telur yang tak dibuahi, bentuknya lebih besar sekitar 90 x 40 mikron. Telur yang telah dibuahi inilah yang dapat menginfeksi manusia.

Berikut merupakan gambar dari siklusnya:

 Keterangan:

      Pada tinja penderita askariasis yang membuang air tidak pada tempatnya dapat mengandung telur askariasis yang telah dubuahi. Telur ini akan matang dalam waktu 21 hari. bila terdapat orang lain yang memegang tanah yang telah tercemar telur Ascaris dan tidak mencuci tangannya, kemudian tanpa sengaja makan dan menelan telur Ascaris.

Telur akan masuk ke saluran pencernaan dan telur akan menjadi larva pada usus. Larva akan menembus usus dan masuk ke pembuluh darah. Ia akan beredar mengikuti sistem peredaran, yakni hati, jantung dan kemudian di paru-paru.

Pada paru-paru, cacing akan merusak alveolus, masuk ke bronkiolus, bronkus, trakea, kemudian di laring. Ia akan tertelan kembali masuk ke saluran cerna. Setibanya di usus, larva akan menjadi cacing dewasa.

Cacing akan menetap di usus dan kemudian berkopulasi dan bertelur. Telur ini pada akhirnya akan keluar kembali bersama tinja. Siklus pun akan terulang kembali bila penderita baru ini membuang tinjanya tidak pada tempatnya.


Sumber: Wikipedia Indonesia

Artikel Terkait: Siklus Hidup cacing Ascaris lumbricoides

Description: Siklus Hidup cacing Ascaris lumbricoides Rating: 5.0 Reviewer: Ilham Aufadhuha ItemReviewed: Siklus Hidup cacing Ascaris lumbricoides
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...